Jumat, 09 April 2010

Diet Cegah Aterosklerosis

Diet Cegah Aterosklerosis

Tiga jenis diet, yakni gaya mediterania, rendah lemak, dan rendah karbohidrat sama – sama efektif mencegah aterosklerosis. Aterosklerosis atau menebalnya dinding pembuluh darah arteri karena timbunan lemak (plak) merupakan salah satu penyebab stroke dan penyakit jantung.
Halini dibuktikan oleh tim peneliti dari The-Ben-Gurion University, Israel, baru-baru ini. Seperti dilansir bbc.com, kemarin, studi itu dilakukan terhadap 140 orang yang mengalami kegemukan. Sebagian besar dari mereka laki-laki berusia 40-65 tahun.
Tiap-tiap responden diharuskan memilih dan menjalani satu diantara tiga jenis diet. Yakni rendah lemak, rendah karbohidrat, dan gaya mediterania (mengonsumsi banyak buah-buahan dan sayuran serta minyak zaitun sebagai sumber lemak utama). Mereka dipantau sebelum 2 tahun.
Dengan alat radiology tiga dimensi, para peneliti mengukur volume dinding arteri carotid para responden. Arteri carotid adalah arteri dileher, tempat dilaluinya darah menuju otak. Hasilnya diketahui volume dinding arteri berkurang 5%.
“tiga jenis diet yang sangat berlainan ini ternyata memiliki efek yang sama. Ini fakta yang menarik, “ ujar pemimpin tim peneliti ; Iris Shai. (*/S-7)

Rev : Media Indonesia

Tidak ada komentar:

Posting Komentar